Jumat, 10 November 2017

PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA


Amazon Company
Perusahaan Amazon merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Perusahaan yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini pada awalnya hanya menjual buku, namun sekarang telah bervariasi hingga merambah DVD, CD, video dan download / streaming, MP3, software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Pada bulan Juli 1994 Jeff Bezos mulai mengembangkan perusahaan yang kemudian berbasis perusahaan online pada tahun berikutnya dengan nama Amazon.com. Nama Amazon sendiri berasal dari nama sungai terbesar di dunia.
Usaha ini merupakan jawaban dari Jeff Bezos untuk ikut berpartisipasi dalam bisnis internet yang sedang berkembang saat itu. Usaha ini diproyeksikan  semakin berkembang secara pesat sehingga dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan-nya sebagai wakil presiden D.E. Shaw, sebuah perusahaan Wall Street. Setelah memperkirakan perkembangan perdagangan melalui Web akan naik hingga 2.300%, dia pun mulai mendaftar 20 produk yang bisa dipasarkan secara online. Produk tersebut antara lain compact disc (CD),  computer hardware, computer software, video, dan buku. Besarnya permintaan akan buku membuat Jeff memutuskan bahwa toko online miliknya akan fokus menjual buku.
Dalam dua bulan peluncurannya, Amazon telah menjual produk-nya pada 50 kota di hampir lebih dari 45 negara. Pada bulan berikutnya, penjualan-nya naik hingga mencapai 20.000 dollar AS tiap minggu. Pada Oktober 1995, perusahaan mulai mengumumkan penawaran sendiri ke publik. Dua tahun kemudian, Amazon mulai mengeluarkan penawaran umum perdana saham pada tanggal 15 Mei 1997. Pada tahun 1998, Amazon tidak hanya terbatas pada penjualan buku saja, namun mulai memperkenalkan DVD serta meluncurkan Advantage Program. Amazon terus mengembangkan bisnis-nya dengan melakukan beberapa upaya, yakni dengan menjalin kerjasama dengan Toys “R” Us pada tahun 2000, BookSurge LLC pada tahun 2005,  Zappos.com pada tahun 2009, LOVEFiLM International Limited pada tahun 2011 dan beberapa perusahaan lainnya. Proses kerjasama ini berdampak dengan semakin bervariasi-ya produk yang dijual di Amazon. Tak hanya itu, Amazon juga telah membuka banyak program-program yang memanjakan para konsumen-nya. Di antaranya meluncurkan  1-ClickTM yang memungkinkan konsumen untuk membeli secara online dengan 1 klik, Amazon.com,  Amazon Web Services, Amazon Wedding, Amazon Connect, Amazon Simple Storage Service (S3),  Endless.com, Amazon Unbox on TiVo, dan beberapa program-program menarik lainnya.

Sejak tahun 1998, Amazon telah membuka situs cabang secara internasional yang pertama dirilis di Inggris dan Jerman. Hingga saat ini Amazon telah memiliki bisnis online yang telah tersebar di negara-negara besar di dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, India, Italia, Spanyol, Brazil, Jepang, China, Belanda, Swedia dan beberapa pengiriman ke negara internasional lainnya.

Profil Perusahaan
Pendiri                         : Jeffrey P. Bezos
Website                       : amazon.com
Kategori                      : E-Commerce
Alamat kantor             : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon                       : (206) 266-1000
Didirikan                     : 1994, tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industry              : Online retailing
Jumlah karyawan        : 132.600 (Juni 2014)
Promosi/iklan              : Web Banner dan Video
Jangkauan                   : Worldwide
Pendapatan                 : US$ 48,07 miliar (2011)

Visi dan Misi Amazon
Sebagai perusahaan yang paling customer-centric, pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian online, dan harga yang rendah.

Tujuan Amazon
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.

Motto Amazon
Motto perusahaan ini adalah ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’ yang berarti ‘Kerja Keras, Bersenang-senanglah, dan Buatlah Sejarah’.

Tampilan Website


Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan
            Amazon.com, Inc. merupakan perusahaan yang berjenis umum atau bisa disebut perusahaawn umum (Perum), yaitu badan usaha milik negara yang modalnya masih dimiliki oleh pemerintah, namun memiliki sifat mirip perusahaan jawatan (perjan) dan sisanya perusahaan perseroan (persero). Hal ini disebabkan karena perum boleh mengejar keuntungan di samping melayani kepentingan masyarakat.

SDM dan Struktur Organisasi

1.      Deskripsi dan Spesifikasi Tugas
·         Direktur Utama
o   Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
o   Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
o   Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
o   Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
o   Menentukan Strategi untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan.
o   Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
·         Corporate R&D
o   Melakukan penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.
·         Corporate HQs Staff
o   Bagian dari struktur perusahaan yang menangani tugas penting seperti perencanaan strategis, komunikasi perusahaan, pajak, hukum, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan teknologi informasi.
·         CEO Marketing
o   Bagian strategi yang berhubungan dengan komunikasi periklanan
·         CEO Operation
o   Bagian operasi gudang layanan pelanggan pesanan khusus program pelanggan.
·         CEO Business Expansion
o   Bagian pengembangan bisnis produk baru dan layanan pengembangan.
·         CEO Development
o   Bagian pengembangan software, maintenance, dan desain.
·         CEO Editorial
o   Website desain yang menyangkut fitur konten.

2.      Sistem Penggajian
o   Software Development Engineer III  : $132,844 / year
o   Software Development Engineer II    : $117,740 / year
o   Software Development Engineer I     : $99,541 / year
o   Fulfillment Associate                          : $12.46 hourly
o   Warehouse Associate                          : $12.56 hourly
o   Area Manager                                     : $65,900 / year



Aspek Pemasaran
2.      Spesifikasi Produk


Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Usaha ini pada awalnya hanya menjual buku, namun sekarang telah bervariasi hingga merambah DVD, CD, video dan download / streaming, MP3, software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

3.      Segmentasi Produk

Perusahaan ini mensegmentasikan produk berdasarkan jenis barang dan harga.
4.      Analisis Situasi Pasar
Perusahaan ini berjalan di pasar seluruh dunia, karena permintaan terhadap produk-produk yang diminta oleh konsumen sangat banyak dan dari berbagai negara.
5.      Analisis Pesaing
Perbandingan dengan Perusahaan sejenis:
o   Dari segi jam terbang, amazon sendiri sudah terbentuk sejak tahun 1995. Sehingga amazon.com lebih dikenal masyarakat umum dibandingkan dengan perusahaan – perusahaan sejenis lainnya yang didirikan setelah amazin.com sudah didirikan ataupun diluncurkan.
o   Dari segi kapasitas pengguna. Karena amazon sudah didirikan sejak lama, maka jumlah pengguna situs amazon.com sudah  menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan situs – situs dalam bidang e-Commerce lainnya, jumlah pengguna situs amazon.com diperkirakan mencapai 282 juta pengguna pada tahun 2011. Hal ini memudahkan para pengguna dalam menjalankan jual – beli barang, sehingga pilihan barang dapat berasal dari berbagai macam pengguna yang memposting dan pasti pula banyak ragam pilihan harga pula yang sesuai keinginan.
o   User interface. Pengguna dapat lebih mudah menggunakannya, tampilan situs juga lebih menarik dibandingkan situs – situs yang lain dan simple.

6.      Strategi Promosi
Perusahaan ini melakukan promosi iklan pada web banner dan video.

7.      Media Promosi Berbasis TI
Media promosi berbasis TI pada Amazon dilakukan dengan media digital yaitu Internet.
Aspek Keuangan









0 comments:

Posting Komentar

 
;