Amazon Company
Perusahaan Amazon merupakan perusahaan yang bergerak
dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Perusahaan
yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini pada awalnya
hanya menjual buku, namun sekarang telah bervariasi hingga merambah DVD, CD,
video dan download / streaming, MP3, software, video game, elektronik, pakaian,
furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Pada bulan Juli 1994 Jeff Bezos mulai
mengembangkan perusahaan yang kemudian berbasis perusahaan online pada tahun
berikutnya dengan nama Amazon.com. Nama Amazon sendiri berasal dari nama sungai
terbesar di dunia.
Usaha ini merupakan jawaban dari Jeff Bezos untuk ikut
berpartisipasi dalam bisnis internet yang sedang berkembang saat itu. Usaha ini
diproyeksikan semakin berkembang secara
pesat sehingga dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan-nya sebagai wakil
presiden D.E. Shaw, sebuah perusahaan Wall Street. Setelah memperkirakan
perkembangan perdagangan melalui Web akan naik hingga 2.300%, dia pun mulai
mendaftar 20 produk yang bisa dipasarkan secara online. Produk tersebut antara
lain compact disc (CD), computer
hardware, computer software, video, dan buku. Besarnya permintaan akan buku
membuat Jeff memutuskan bahwa toko online miliknya akan fokus menjual buku.
Dalam dua bulan peluncurannya, Amazon telah menjual
produk-nya pada 50 kota di hampir lebih dari 45 negara. Pada bulan berikutnya,
penjualan-nya naik hingga mencapai 20.000 dollar AS tiap minggu. Pada Oktober
1995, perusahaan mulai mengumumkan penawaran sendiri ke publik. Dua tahun
kemudian, Amazon mulai mengeluarkan penawaran umum perdana saham pada tanggal
15 Mei 1997. Pada tahun 1998, Amazon tidak hanya terbatas pada penjualan buku
saja, namun mulai memperkenalkan DVD serta meluncurkan Advantage Program.
Amazon terus mengembangkan bisnis-nya dengan melakukan beberapa upaya, yakni
dengan menjalin kerjasama dengan Toys “R” Us pada tahun 2000, BookSurge LLC
pada tahun 2005, Zappos.com pada tahun
2009, LOVEFiLM International Limited pada tahun 2011 dan beberapa perusahaan
lainnya. Proses kerjasama ini berdampak dengan semakin bervariasi-ya produk
yang dijual di Amazon. Tak hanya itu, Amazon juga telah membuka banyak
program-program yang memanjakan para konsumen-nya. Di antaranya meluncurkan 1-ClickTM yang memungkinkan konsumen untuk
membeli secara online dengan 1 klik, Amazon.com, Amazon Web Services, Amazon Wedding, Amazon
Connect, Amazon Simple Storage Service (S3),
Endless.com, Amazon Unbox on TiVo, dan beberapa program-program menarik
lainnya.
Sejak tahun 1998, Amazon telah membuka situs cabang
secara internasional yang pertama dirilis di Inggris dan Jerman. Hingga saat
ini Amazon telah memiliki bisnis online yang telah tersebar di negara-negara
besar di dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, India, Italia,
Spanyol, Brazil, Jepang, China, Belanda, Swedia dan beberapa pengiriman ke
negara internasional lainnya.
Profil Perusahaan
Pendiri :
Jeffrey P. Bezos
Website :
amazon.com
Kategori :
E-Commerce
Alamat kantor :
Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon :
(206) 266-1000
Didirikan :
1994, tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industry :
Online retailing
Jumlah karyawan :
132.600 (Juni 2014)
Promosi/iklan :
Web Banner dan Video
Jangkauan :
Worldwide
Pendapatan : US$ 48,07 miliar (2011)
Visi dan Misi Amazon
Sebagai perusahaan yang paling customer-centric,
pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian
online, dan harga yang rendah.
Tujuan Amazon
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko
buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.
Motto Amazon
Motto perusahaan ini adalah ‘Work Hard, Have Fun, and
Make History’ yang berarti ‘Kerja Keras, Bersenang-senanglah, dan Buatlah
Sejarah’.
Tampilan Website
Regulasi
dan Prosedur Pendirian Perusahaan
Amazon.com, Inc. merupakan
perusahaan yang berjenis umum atau bisa disebut perusahaawn umum (Perum), yaitu
badan usaha milik negara yang modalnya masih dimiliki oleh pemerintah, namun
memiliki sifat mirip perusahaan jawatan (perjan) dan sisanya perusahaan
perseroan (persero). Hal ini disebabkan karena perum boleh mengejar keuntungan
di samping melayani kepentingan masyarakat.
SDM
dan Struktur Organisasi
1.
Deskripsi dan
Spesifikasi Tugas
·
Direktur Utama
o
Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan
tertinggi perusahaan.
o
Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan
perusahaan.
o
Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian
yang dialami perusahaan.
o
Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber
pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
o
Menentukan Strategi untuk mencapai Visi dan Misi
perusahaan.
o
Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan
mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
·
Corporate R&D
o
Melakukan penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan
menguji keefektifan produk tersebut.
·
Corporate HQs Staff
o
Bagian dari struktur perusahaan yang menangani tugas penting seperti
perencanaan strategis, komunikasi perusahaan, pajak, hukum, pemasaran, keuangan,
sumber daya manusia, dan teknologi informasi.
·
CEO Marketing
o
Bagian strategi yang berhubungan dengan komunikasi periklanan
·
CEO Operation
o
Bagian operasi gudang layanan pelanggan pesanan khusus program pelanggan.
·
CEO Business Expansion
o
Bagian pengembangan bisnis produk baru dan layanan pengembangan.
·
CEO Development
o
Bagian pengembangan software, maintenance, dan desain.
·
CEO Editorial
o
Website desain yang menyangkut fitur konten.
2. Sistem Penggajian
o
Software Development Engineer III : $132,844 / year
o
Software Development Engineer II : $117,740 / year
o
Software Development Engineer I : $99,541 / year
o
Fulfillment Associate :
$12.46 hourly
o
Warehouse Associate :
$12.56 hourly
o
Area Manager :
$65,900 / year
Aspek
Pemasaran
2. Spesifikasi Produk
Perusahaan ini merupakan
perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar
di dunia. Usaha
ini pada awalnya hanya
menjual buku, namun sekarang telah bervariasi hingga merambah DVD, CD, video
dan download / streaming, MP3, software, video game, elektronik, pakaian,
furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.
3.
Segmentasi
Produk
Perusahaan
ini mensegmentasikan produk berdasarkan jenis barang dan harga.
4.
Analisis
Situasi Pasar
Perusahaan ini berjalan di pasar seluruh dunia, karena
permintaan terhadap produk-produk yang diminta oleh konsumen sangat banyak dan
dari berbagai negara.
5.
Analisis
Pesaing
Perbandingan dengan Perusahaan sejenis:
o
Dari
segi jam terbang, amazon sendiri sudah terbentuk sejak tahun 1995. Sehingga
amazon.com lebih dikenal masyarakat umum dibandingkan dengan perusahaan –
perusahaan sejenis lainnya yang didirikan setelah amazin.com sudah didirikan
ataupun diluncurkan.
o
Dari
segi kapasitas pengguna. Karena amazon sudah didirikan sejak lama, maka jumlah
pengguna situs amazon.com sudah
menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan situs – situs dalam
bidang e-Commerce lainnya, jumlah pengguna situs amazon.com diperkirakan
mencapai 282 juta pengguna pada tahun 2011. Hal ini memudahkan para pengguna
dalam menjalankan jual – beli barang, sehingga pilihan barang dapat berasal
dari berbagai macam pengguna yang memposting dan pasti pula banyak ragam
pilihan harga pula yang sesuai keinginan.
o
User
interface. Pengguna dapat lebih mudah menggunakannya, tampilan situs juga lebih
menarik dibandingkan situs – situs yang lain dan simple.
6.
Strategi
Promosi
Perusahaan
ini melakukan promosi iklan pada web banner
dan video.
7.
Media
Promosi Berbasis TI
Media
promosi berbasis TI pada Amazon dilakukan dengan media digital yaitu Internet.
Aspek Keuangan
0 comments:
Posting Komentar