Rabu, 04 Oktober 2017

Profil Perusahaan Amazon.com

Nama : M. Gusti Maulana Z
Kelas : 4IA20
NPM : 56414235
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Profil Perusahaan Amazon

Amazon.com, Inc. merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Perusahaan yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini pada awalnya hanya menjual buku, namun sekarang telah bervariasi hingga merambah DVD, CD, video dan download / streaming, MP3, software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Pada bulan Juli 1994 Jeff Bezos mulai mengembangkan perusahaan yang kemudian berbasis perusahaan online pada tahun berikutnya dengan nama Amazon.com. Nama Amazon sendiri berasal dari nama sungai terbesar di dunia.

Usaha ini merupakan jawaban dari Jeff Bezos untuk ikut berpartisipasi dalam bisnis internet yang sedang berkembang saat itu. Usaha ini diproyeksikan  semakin berkembang secara pesat sehingga dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan-nya sebagai wakil presiden D.E. Shaw, sebuah perusahaan Wall Street. Setelah memperkirakan perkembangan perdagangan melalui Web akan naik hingga 2.300%, dia pun mulai mendaftar 20 produk yang bisa dipasarkan secara online. Produk tersebut antara lain compact disc (CD),  computer hardware, computer software, video, dan buku. Besarnya permintaan akan buku membuat Jeff memutuskan bahwa toko online miliknya akan fokus menjual buku.

Dalam dua bulan peluncurannya, Amazon telah menjual produk-nya pada 50 kota di hampir lebih dari 45 negara. Pada bulan berikutnya, penjualan-nya naik hingga mencapai 20.000 dollar AS tiap minggu. Pada Oktober 1995, perusahaan mulai mengumumkan penawaran sendiri ke publik. Dua tahun kemudian, Amazon mulai mengeluarkan penawaran umum perdana saham pada tanggal 15 Mei 1997. Pada tahun 1998, Amazon tidak hanya terbatas pada penjualan buku saja, namun mulai memperkenalkan DVD serta meluncurkan Advantage Program. Amazon terus mengembangkan bisnis-nya dengan melakukan beberapa upaya, yakni dengan menjalin kerjasama dengan Toys “R” Us pada tahun 2000, BookSurge LLC pada tahun 2005,  Zappos.com pada tahun 2009, LOVEFiLM International Limited pada tahun 2011 dan beberapa perusahaan lainnya. Proses kerjasama ini berdampak dengan semakin bervariasi-ya produk yang dijual di Amazon. Tak hanya itu, Amazon juga telah membuka banyak program-program yang memanjakan para konsumen-nya. Di antaranya meluncurkan  1-ClickTM yang memungkinkan konsumen untuk membeli secara online dengan 1 klik, Amazon.com,  Amazon Web Services, Amazon Wedding, Amazon Connect, Amazon Simple Storage Service (S3),  Endless.com, Amazon Unbox on TiVo, dan beberapa program-program menarik lainnya.

Sejak tahun 1998, Amazon telah membuka situs cabang secara internasional yang pertama dirilis di Inggris dan Jerman. Hingga saat ini Amazon telah memiliki bisnis online yang telah tersebar di negara-negara besar di dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, India, Italia, Spanyol, Brazil, Jepang, China, Belanda, Swedia dan beberapa pengiriman ke negara internasional lainnya.

Profil Perusahaan
Pendiri                        : Jeffrey P. Bezos
Website                       : amazon.com
Kategori                      : E-Commerce
Alamat kantor             : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon                       : (206) 266-1000
Didirikan                     : 1994, tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industry              : Online retailing
Jumlah karyawan        : 132.600 (Juni 2014)
Promosi/iklan              : Web banner dan video
Jangkauan                   : Worldwide
Pendapatan                  : US$ 48,07 miliar (2011)

Visi dan Misi Amazon
Sebagai perusahaan yang paling customer-centric, pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian online, dan harga yang rendah.

Tujuan Amazon
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.

Motto Amazon
Motto perusahaan ini adalah ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’ yang berarti ‘Kerja Keras, Bersenang-senanglah, dan Buatlah Sejarah’.

Keunggulan Kompetitif Amazon
·         Kekuatan (Strength)
Merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur. Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan. Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia. Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.

Penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya. Dan berhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merk.

Analisis kekuatan (strength) Amazon.com dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Brand Amazon sudah mempunyai merk yang terkenal dan terpercaya.
  • Strategi pemasaran yang bagus.
  • Aliansi dengan perusahaan lain.
  • Web yang memiliki akses yang cepat, design menarik dan mudah dioperasikan.
  •  Harga produk yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing.
  • Amazon memiliki diversifikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan.
  • Website yang menyediakan link review produk dianggap sebagai atribut yang positif.
  • Menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang yang tidak diinginkan.
  • Dukungan dari Customer Relationship Management (CRM) dan Teknologi Informasi (TI).
  • Karyawan kompeten dalam pemasaran, pengembangan software, dan finance.
  • Karyawan yang memungkinkan tetap ada karyawan yang bekerja meskipun musim liburan.

·         Kelemahan (Weakness)
Amazon tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti transportasi, industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.

Analisis kelemahan (weakness) Amazon.com dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Free shipping strategy  akan mempengaruhi posisi keuangan di masa depan.
  • Bergantung pada pengiriman eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman.

·         Perbandingan dengan Perusahaan sejenis:
o  Dari segi jam terbang, amazon sendiri sudah terbentuk sejak tahun 1995. Sehingga amazon.com lebih dikenal masyarakat umum dibandingkan dengan perusahaan – perusahaan sejenis lainnya yang didirikan setelah amazin.com sudah didirikan ataupun diluncurkan.
o   Dari segi kapasitas pengguna. Karena amazon sudah didirikan sejak lama, maka jumlah pengguna situs amazon.com sudah  menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan situs – situs dalam bidang e-Commerce lainnya, jumlah pengguna situs amazon.com diperkirakan mencapai 282 juta pengguna pada tahun 2011. Hal ini memudahkan para pengguna dalam menjalankan jual – beli barang, sehingga pilihan barang dapat berasal dari berbagai macam pengguna yang memposting dan pasti pula banyak ragam pilihan harga pula yang sesuai keinginan.
o   User interface. Pengguna dapat lebih mudah menggunakannya, tampilan situs juga lebih menarik dibandingkan situs – situs yang lain dan simple.

1 comments:

Anya Bennett. mengatakan...

halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.

Posting Komentar

 
;