Nama : M. Gusti Maulana
Z
NPM : 56414235
Kelas : 3IA20
Jenis : Tugas
Jenis : Tugas
BAB 4
Game
engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk
pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan
kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari
sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem
networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah
game.
Ada
banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video
dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan
tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan,
streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik.
Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan
kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah
game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API (
Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services
dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang
diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari
libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang
menggunakan operating system dan services yang sama.
Game
engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
- Roll-your-own game engine
Game
engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis.
selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel
dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game
engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang
dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
- Mostly-ready game engines
Game
engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game
seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine
ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine
sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi
banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine
ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk
mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah
Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat
optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat
menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
- Point-and-click engines
Engine
ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user
friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan
engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit
memanfaatkan coding, sudah bisa merilis game. Kekurangannya terletak pada
terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup
semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine
jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi,
game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game
engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu
pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya
Contoh-contoh
Game Engine
1.
Freeware game engine/open source game engine
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- Aleph One
- Axiom Engine
- Allegro Library
- Box2D
- Build Engine
- Cube
- Cube 2
- DarkPlaces
- jMonkeyEngine (jME)
- Panda3D
- Sphere
- Unreal Engine
2.
Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Jade Engine
- Jedi
- Medusa
- RPG Maker VX
- RPG Maker XP
- RPG Maker 2003
- RPG Maker 95
- Vision Engine
Contoh
Game yang Menggunakan Game Engine
Counter-Strike
Game Counter-Strike (disingkat CS) adalah
permainan video tembak-menembak orang-pertama yang merupakan modifikasi dari
permainan video Half-Life oleh Minh "Gooseman" Le dan Jess
"Cliffe" Cliffe. Permainan ini telah berkembang menjadi serangkaian
permainan baru sejak diluncurkan, antara lain Counter-Strike: Condition Zero,
Counter-Strike: Source, dan Counter-Strike pada Xbox. Counter-Strike menampilkan tim counter-terrorist (CT)
yang melawan tim teroris dalam serangkaian ronde. Game Counter-Strike tersebut menggunakan game engine Source.
Call of Duty
Call of Duty (permainan pertama dirilis pada
tanggal 29 Oktober 2003) adalah seri permainan tembak-menembak orang-pertama
(First-person Shooter) dengan engine berdasarkan permainan Quake III: Team
Arena. Permainan perang ini awalnya mensimulasikan tentara dan persenjataan
dalam Perang Dunia Kedua. Call of Duty menggunakan game engine yang bernama
Infinity Ward.
Sumber:
https://rickykurn.wordpress.com/2012/03/08/apa-itu-game-engine/
0 comments:
Posting Komentar