Senin, 14 Maret 2016

Tentang Web

Pengertian Web
Web merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan-pesan elektronik, termasuk email, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.
Secara umum, Web adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai komputer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Sejarah Web
Web adalah hasil berpikir dari seseorang yang bernama Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ilmuwan dengan latarbelakang pendidikan pengolahan teks, komunikasi dan real-time software. Ia yang bekerja pada CERN ketika menemukan ide tersebut. Permasalahan pun muncul ketika ia menyadari bagaimana cara bagi para ilmuwan untuk dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan yang tersimpan pada masing-masing komputer di laboratorium. Kemudian ia bersama dengan obert Cailliau membuat proposal Information Management. Lalu mereka pun memulai mengembangkan HyperText Markup Language. Akhirnya web browser pertama yang diberi nama WorldWideWeb dipublikasikan secara umum untuk pertama kalinya.

Perkembangan dan Perbedaan

1.       Web Portal
Web portal ialah suatu situs web yang memiliki fitur seperti direktori, mesin pencari, e-mail atau grup diskusi. Direktori merupakan daftar link yang disusun menurut kelompok tertentu (misalnya pendidikan kesehatan) dan dapat digunakan sebagai titik awal untuk menuju ke informasi tertentu. Search adalah fasilitas yang mungkin pemakai mencari suatu informasi terntu dengan memasukkan suatu kata kunci.

2.       Web Statis Dan Dinamis
Web statis dibentuk dengan menggunakan html saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memlihara program secara terus-menerus utuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemahan ini diatasi dengan model aplikasi web dinamis. Dengan kemampuan html, yakni dengan dengan menggunakan perangkat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman-halaman web anda ditangani melalui perubahan data bukan melalui perubahan program. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data. Dengan demikian perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemuktahiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrograman atau pemrograman.

3.        Multimedia pada web
Untuk mendukung multimedia, computer klien harus dilengkapi dengan program yang disebut viewer atau terkadang disebut pulg-in. Program-progrm ini perlu disediakan karena sejumlah berkas terntu memang tidak oleh browser. Sebagai contoh, untuk memainkan berkas film berekstensi MOV diperlukan perangkat lunak quick time.

Daftar Pustaka:

Berners-Lee, Tim. 1999. Weaving The Web: The Original Design and Ultimate Destiny of the World Wide Web by Its Inventor, HarperCollins, USA.

0 comments:

Posting Komentar

 
;