Senin, 14 Maret 2016

Tentang FTP

Pengertian FTP

FTP merupakan salah satu protokol Internet untuk melakukan pengunduhan dan pengunggahan berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Model FTP dirancang memerlukan dua kanal logik komunikasi antara proses server dan klien FTP:


  • Control koneksi, Ini merupakan koneksi logikal TCP yang dibuat ketika sebuah sesi FTP diadakan.  Koneksi logikal TCP ini memelihara throughput selama sesi FTP dan digunakan hanya untuk melakukan pertukaran informasi control, seperti perintah FTP dan jawabannya.



  • Koneksi data, Setiap saat ketika data dikirimkan dari server ke klien atau sebaliknya, sebuah koneksi data TCP nyata dibangun di antara server dan client. Data kemudian dikirimkan melalui koneksi data tersebut. Saat pengiriman file  selesai, koneksi data ini dihentikan. 


Daftar Pustaka:

Reynolds, J. Postel, J. October 1985. “FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)”. https://tools.ietf.org/html/rfc959. 14 Maret 2016.

0 comments:

Posting Komentar

 
;