Sabtu, 16 Desember 2017

Proposal PT. Habibi Digital Nusantara

1.1 Latar Belakang
Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi komunikasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.

Teknologi informasi komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Kesadaran pentingnya Teknolgi Komunikasi dan Informasi yang bisanya disebut ICT (Information and Communication Technology), bukan hanya monopoli kalangan pengusaha besar saja tetapi juga bertumbuh di kalangan pengusaha kecil dan kekuatan-kekuatan masyarakat lain, seperti Koperasi, Kelompok Tani, dan Masyarakat biasa. Teknologi juga memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Teknologi dimanfaatkan dalam tiga cabang utama pertanian yaitu penanaman, peternakan, dan perikanan. 

Dengan demikian kami berinisiatif untuk membuka suatu perusahaan di bidang pertanian yang mengkaitkan Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk menjadikan pertanian yang lebih modern, efesien dan efektif serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era milenieal ini. 



1.2 Tentang Perusahaan
Perusahaan kami bernama PT Digital Habibi Nusantara, yang berlokasi di Jl. Bintara Jaya 2, Block C, No. 18, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi Barat. PT Digital Habibi Nusantara adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian khususnya sebagai mediator antara petani dan investor.




BAB II

PRODUK HABIBI

Kami PT Habibi Digital Nusantara memiliki berbagai macam produk yaitu habibi sensor, habibi dosis pump, dan habibi box dimana masing2 dari alat tersebut terorganisasi dalam habibi app. 

2.1 Habibi Sensor
Habibi Sensor memiliki 4 parameter sensor yaitu parameter nutirsi tanah, kelembapan tanah, kelembapan suhu dan intensitas cahaya matahari. Cara kerja dari alat ini adalah mendeteksi keadaan dari ke 4 parameter tersebut yang nantinya data terebut akan digunakan sebagai nilai parameter keidealan tanam dan akan mengirim notifikasi melalui habibi app apabila ada nilai yang tidak ideal. Dengan demikian kita dapat mengetahui kondisi tanaman dengan pasti apakah tanaman tersebut dalam keadaan kekurangan/kelebihan air, nutirisi, kelembapan, dan intensitas cahaya atau tidak. 

2.2 Habibi Dosis Pump
Habibi dosis pump memiliki fungsi dalam automisasi irigasi dan pemberian pupuk (cair) yang mana automisasi tersebut diatur atau dan dikendalikan dalam habibi app.


2.3 Habibi Box
Habibi box dikhususkan bagi anda yang ingin bertani di rumah. Habibi box memungkinkan anda untuk dapat mengatur keadaan ruangan yang sesuai dengan keadaan ideal suatu tanaman (Contoh : tanaman strawberry hanya dapat tumbuh dalam suhu yang rendah dan kelembapan diatas rata-rata). 




BAB III

MODEL BISNIS

Model bisnis yang kami tawarkan ada 2 jenis yaitu investor dan mitra bisnis (petani). 

3.1 Investor 
Model bisnis menggunakan sistem bagi hasil, bagi anda yang ingin menjadi investor untuk PT Habibi Digital Nusantara maka uang anda akan kami kelola untuk pembukaan ladang untuk ditanami jenis tanaman yang kami tentukan. 

3.1 Mitra Bisnis (Petani)
Model bisnis ini menggunakan sistem gaji, bagi anda yang ingin menjadi petani kami maka silahkan untuk mengisi form yang ada pada website habibigarden.com

0 comments:

Posting Komentar

 
;